Morotai Utara senin 21 November 2016 bertempat di SMP Negeri 5 Desa sacita Morotai selatan. Maluku Utara. Menteri KOMINFO Bapak Rudiantara mengunjungi site Redesign USO Milik BP3TI yang bekerjasama dengan PT Infokom Elektrindo selaku salah satu Operator telekomunikasi di Indonesia. Lokasi Akses Internet USO ini merupakan satu dari 1.656 lokasi yang telah dibangun pada tahun 2016 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di lokasi-lokasi hasil usulan Pemerintah Daerah/Kementerian/Lembaga lainnya (Pemda/K/L).

Dari sekian banyak lokasi USO yang ada Menteri Rudiantara mengunjungi Site lokasi akses tanpa batas di daerah Morotai yang merupakan daerah lokasi akses internet binaan BP3TI dan PT Infokom Elektrindo. Morotai sendiri khususnya daerah Bere-Bere merupakan daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari PEMDA Morotai karena merupakan daerah yang belum terjangkau akses telekomunikasi ujar Irine Yusiana Roba Putri anggota komisi 1 DPR RI daerah pemilihan maluku

Dalam sambutannya diacara tersebut, Menteri Rudiantara menyatakan sangat mendukung langkah yang diambil BP3TI dalam memberikan akses internet di SMP Negeri 5 Morotai selatan. Akan tetapi tetap dibutuhkan binaan terhadap orang tua siswa dan guru dalam membimbing anak-anak dalam mengakses internet sehingga tercipta informasi yang sehat dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan para siswa dan siswi. Sehingga tidak hanya sebatas memberikan akses internet saja.

Sebelum Kunjungan Menteri Rudiantara, PT Infokom Elektrindo sudah memberikan Penyuluhan internet sehat untuk para siswa dan guru. Para siswa dan guru diberikan perbekalan khusus untuk dapat mengetahui manfaat positif dan negatif dari akses internet yang akan mereka terima. Infokom sebagai operator telekomunikasi mensupport program MENKOMINFO melalui BP3TI untuk memberikan akses internet tanpa batas di daerah terpencil agar siswa dan siswi dapat mengakses internet dengan mudah dan bisa mendapatkan hak atas informasi dan komunikasi yang seharusnya memang mereka terima. ujar Widhy Nugroho Managing Director PT Infokom Elektrindo.

Dengan mengusung tema BROADBAND FOR BETTER LIVING diharapkan para siswa dapat mendapatkan hak atas informasi dan komunikasi yang seharusnya memang mereka terima.

 

 

 

USO (Universal Service Obligation) atau lebih dikenal sebagai Kewajiban Pelayanan Universal adalah bentuk kewajiban pemerintah untuk menjamin ketersediaan pelayanan publik bagi setiap warga negara, khususnya pelayanan telekomunikasi dan informatika. Kewajiban tersebut berupa penyelenggaraan pelayanan komunikasi dan informartika untuk umum. Baik pada area yang belum terjangkau layanan jaringan telekomunikasi maupun pada kelompok masyarakat yang masih memerlukan peran pemerintah dalam penyediaan layanan komunikasi dan informatika.